Paris

[ Cara Instalasi Windows 7/8/10 ] - [ Cara Aktivasi Windows 10 ] - [ Cara Aktivasi Windows 7 ]
[ Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows ] [ Cara Instalasi Mac OS ]
[ DriverPack Solution ] [ Cara Uninstall Microsoft Office ]

[ Info : Perbedaan 32-Bit dan 64-Bit Serta Kekurangan dan Kelebihannya ]
[ Info : Menghapus Product Key Trial Bawaan Microsoft Office 2016 ]
[ Info : Cara Menghapus Product Key Windows 7/8/10 ]
[ Info : BAHAYA! dan Cara Uninstall Crack Microsoft KMSpico / KMSnano / KMSauto ]

[ BELI! License Internet Download Manager IDM - Lifetime ]

 

Cara Mount dan Unmount File .ISO dan .IMG pada Windows 10 / 8.1 / 7

Ada saat-saat di mana Anda perlu me-mount file ISO/IMG untuk mengakses isinya sebelum mem-burn nya ke dalam CD atau DVD. Bagi pengguna Windows 7, kebanyakan orang menggunakan peranti lunak pihak ketiga seperti DAEMON Tools Lite atau WinCDEmu. Namun, pada Windows 10 dan Windows 8.1 sebenarnya Anda tidak perlu menginstall peranti lunak ini karena Windows juga sudah mendukung ISO mounting.

Pada Windows 7, Microsoft menambahkan fitur baru untuk mem-burn file ISO/IMG tanpa harus menggunakan peranti lunak untuk mem-burn pihak ketiga. Sementara itu, pada Windows 8 ini Microsoft menambahkan kemampuan untuk me-mount file ISO/IMG dengan mudah. Fitur ini juga tentunya tersedia pada Windows 10. Dengan fitur ini, pengguna dapat me-mount file ISO/IMG tanpa bantuan peranti lunak pihak ketiga. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pada Windows 10 / 8.1, file ISO/IMG image bisa di-mount hanya dengan satu klik saja. Klik kanan pada file ISO/IMG, kemudian pilih opsi Mount untuk melihat optical drive baru di This PC (My Computer). Tidak hanya itu saja, pengguna juga dapat me-mount beberapa file ISO/IMG dengan mudah.

 

Cara Mount dan Unmount File .ISO dan .IMG pada Windows 10 / 8.1

Langkah 1 : Masuk ke lokasi tempat Anda menyimpan file ISO/IMG tersebut.

Langkah 2 : Klik kanan pada file ISO/IMG kemudian pilih opsi Mount untuk melakukannya.

Langkah 3 : Kemudian, Anda akan melihat layar baru dengan isi file ISO/IMG yang telah sukses di-mount. Jika tidak, klik dua kali pada virtual drive baru di This PC (Computer / My Computer) untuk mengakses isi file ISO/IMG tersebut.

Langkah 4 : Untuk melakukan unmount, klik kanan pada virtual drive di This PC (Computer / My Computer) lalu pilih opsi Eject.

Perlu diingat, cara di atas TIDAK bisa dilakukan pada Windows 7. Untuk melakukan mount atau unmount sebuah file ISO/IMGpada Windows 7, Anda harus menginstall terlebih dahulu program pihak ketiga yang mendukung operasi tersebut.

 

Cara Mount dan Unmount File .ISO dan .IMG pada Windows 7

Untuk melakukan operasi ini, Anda harus menginstall program seperti WinCDEmu. WinCDEmu adalah program gratis untuk melakukan mount file ISO/IMG pada Windows XP, Vista, dan Windows 7. Program ini juga bisa melakukan mount pada file .CCD, .BIN, .UDF, .ISO, .IMG, dan DVD. Berikut ini petunjuk untuk menggunakannya:

Langkah 1 : Unduh dan Install program dari sini

https://github.com/sysprogs/WinCDEmu/releases/download/v4.1/PortableWinCDEmu-4.0.exe

Langkah 2 : Klik kanan pada file ISO/IMG yang ingin Anda mount, lalu pilih "Select Drive Letter & Mount" dan langsung di Klik OK. Sekarang, Anda bisa melihat virtual drive baru pada explorer (My Computer).

 

Semoga tutorial di atas dapat membantu Anda.

 

Web Statistics